Sabtu, 28 November 2020

Mau mencoba SW Hellobox terbaru tapi ngga ngerti cara pindahin setingan Remot & Panel, begini caranya !

Halo Sobat !

Berikut ini saya share software Personal Computer (PC) yang wajib dimiliki oleh para pengguna Receiver Chipset GX6605S yang ingin menikmati firmware SW Hellobox.

Ada beberapa RX yang lagi naik daun seiring dengan kebaikan hati para pengembang Hellobox yang memanjakan para pengguna pada RX Chipset GX6605S seperti MBS8, Nex Merah, Sinema, Getmecom Guoxin, Red Gardiner, Komodo, Merpati, dll.

Fungsi software ini adalah untuk mengimpor setingan RX (setingan remot dan panel LED) dari SW lama ke SW baru.

Sebagai contoh ilustrasi :

“Ingin mencoba SW hellobox terbaru, maka secara otomatis biasanya remot tidak support dan LED gelap, nah oleh karena itu perlu sofware PC ini untuk mengangkut setingan SW lama ke SW baru hellobox.”

“Sudah saatnya meramu sendiri kebutuhan SW untuk rx masing-masing, jadi para perakit skin cukup sekali kerja aja, urusan konversi ke berbagai RX sudah bisa mandiri, alias sudah bisa dikerjakan sendiri”, gumamku dalam hati.

Nah bagi yang belum punya software PC-nya download HelloMerger disini (masih dikompres silahkan extract terlebih dahulu). Kemungkinan setelah diinstal akan dicurigai sebagai virus oleh Antivirus Anda lakukan setingan antivirus dengan exception (bagi pengguna AVG Antivirus) atau mode off atau disable antivirus untuk menggunakan app HelloMerger dimaksud.

Peralatan yang diperlukan :

1.   PC/Laptop dengan sistem operasi Windows

2.   Software pembuka file compress (Winrar/Winzip/7Zip). Pilih salah satu aja.

Bagaimana jika ngga punya PC/Laptop ? atau bisa ngga pake HP? nah jangan ditanya soal itu soalnya saya juga ngga tau caranya !

Jelas ya pake  PC/Laptop, jika sudah punya itu lanjut ke langkah berikutnya, jika tidak ada usahakan minjam ke warnet atau ke tetangga atau kemanapun ! hehe

Berikut tutorial cara penggunaan :

 

1.    Klik dua kali HelloMerger.exe pada PC.

 


 Step 1. Buka SW ori atau SW yang saat ini digunakan tentunya yang sudah support remot dan LED

Step 2. Buka SW terbaru Hellobox GX6605S (bisa diperoleh di website resminya (freedvb.com atau grup-grup FB)



Catatan:
  • Update Baru ada tambahan untuk menghilangkan app Youpo*n
  • Jangan dicentang kotak youpo*n, jika ingin menghilangkan app Youpo*n
  • Tuner biarkan Auto (jangan diutak-atik)



Catatan 1. Remote key harus dicentang untuk mengangkut setingan remot di SW saat ini ke SW baru.  

Catatan 2. Panel (LED, KEY) harus dicentang untuk mengangkut setingan LED Panel di SW saat ini ke SW baru.

Step 3. Simpan dan beri nama SW yang anda buat dengan hellomerger tersebut.

 

 Selanjutnya ikuti langkah berikut ini !

 

Step 4. Upgrade RX anda dengan SW baru hellobox tersebut.


Step 5.
Setelah upgrade, pertama kali anda akan melihat tampilan berikut ini saat booting.

Step 6. Buka App android : DVBFinder (instal dulu jika belum atau bisa juga minta bantuan teman jika ngga punya app-nya) dan kemudian scan QR code yang tampil di layar anda untuk mendapatkan kode aktivitas. Kode aktivasi ini unik berlaku 1 kode untuk 1 RX. Catat kodenya karena bermanfaat jika ke depannya anda akan memasang SW baru versi hellobox. Nantinya tinggal memasukan kode saja jika pernah scan dan masih menyimpan kodenya.

 

Perhatikan kotak merah di kanan atas, untuk memulai scan Barcode

Step 7. Input kode aktivasi yang diperleh ke dalam RX dengan menekan  tombol OK. Masukin hanya kode utama, contoh 198712 (00), masukan saja 198712 tanpa angka dalam kurung. Akhiri dengan  pencet tombol kuning.



 

Catatan 3. Jika tidak bisa upgrade secara normal, anda bisa rename (merubah nama file original yang dibuat tadi menjadi  auto_burn.fac kemudian simpan di Flash disk, dan masukan ke dalam RX untuk otomatis upgrade (jangan lupa hapus file auto_burn.fac setelah upgrade).


Kendala yang sering terjadi :

  1. 1. Sudah dilakukan konversi tapi LED panel tetap off atau remot tidak berfungsi ==> kemungkinan file tidak cocok, segera cari SW lain yang pernah jalan di RX anda, dan ulangi langkah2 di atas, pastikan step 1 dan 2 tidak tertukar ya !
  2. Buka tanda centang Panel (LED/Key), jika muncul on di panel di resiver Anda (ini terjadi pada SW terbaru Hellobox GX6605s_20210118)
  3. Jika gagal dalam proses import maka ulangi lagi langkah di atas.

 

Terima kasih selamat mencoba !

 

Salam Sukses


``````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````

📢 Disclaimer ðŸ“¢ This Blog doesn't promote or encourage Any illegal Activities, All contents provided by this blog is meant for educational purposes only


📢 Disclaimer ðŸ“¢ Blog ini tidak mempromosikan atau mendorong kegiatan ilegal, Semua konten yang disediakan oleh blog ini dimaksudkan hanya untuk tujuan pendidikan / eksperimen semata.