Minggu, 12 November 2017

SOLUSI JIKA WINDOWS 10 GAGAL BOOTING KARENA KESALAHAN UPDATE


Seharian dipusingin dengan Windows 10 di ACER PC in One yang gagal booting, padahal pekerjaan menumpuk.

Berikut dokumentasi berdasarkan pengalaman saya :

Beberapa hal yang saya lakukan dalam penyelesaian permasalahan ini :
  1. Pertama saya menganalisa terlebih dahulu penyebab kerusakan. Saya menduga gagal boot karena memang sering PC ini mengupdate otomatis tanpa seizin ane, hehe
  2. Saya masukan DVD Boot Windows 10, (pencet Delete, seting dulu di BIOSnya bagi yang belum).
  3. Setelah jalan DVD bootnya, tentunya pencet enter key setelah memasukan DVD, kemudian pilih menu Install
  4. Kemudian next dan saya mencari menu Repair Computer
  5. Saya pilih menu > login to another operating system, disini saya melihat ada 2 jenis Operating sistem. Nah disinilah saya menduga bahwa ada satu operating sistem yg mengambil alih OS yang lama, dugaan saya hasil update-an yang bikin PC saya error.
  6. Saya login dengan memilih salah satu dari 2 pilihan tersebut yakni saya memilih windows 10
  7. Akhirnya PC saya restart dan berhasil login dengan normal ke Windows
  8. Saya masuk kontrol panel dan unistal Update Windows 10 serta uninstal aplikasi kecil Update Assistant Windows 10.
  9. Saya testing berkali-kali dan tidak ada masalah lagi sampai sekarang.
 Semoga bermanfaat !